Selasa, 15 September 2009

Biaya Hidup Gratis di Kampus Dakwah


kun wazis/rusda
MULAI MENDAFTAR: Calon mahasiswa yang mendaftar program beasiswa Direktorat PTI untuk Prodi KPI

KPI Terima Mahasiswa Gratis Total
Dapat Beasiswa dari Dirjen Pendidikan Islam Depag

JEMBER- Program beasiswa kembali dikucurkan untuk kampus STAIN Jember. Kali ini, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Jember mendapatkan beasiswa spesial dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (PTI) Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama (Depag) RI. Bagi penerima, mereka akan mendapatkan biaya gratis total selama menempuh pendidikan di KPI Jurusan Dakwah STAIN Jember.

Ketua STAIN Jember Prof Dr Moh Khusnuridlo, MPd mengungkapkan, beasiswa berupa biaya pendidikan ini berlaku selama masa studi (multi years) dan bersifat selektif. Mereka yang diterima melalui prestasi studi (progress report) mahasiswa. “Program ini diperuntukkan khusus mahasiswa baru Prodi KPI Jurusan Dakwah. Dan, untuk biaya pendidikan ini dihitung per unit cost tiap mahasiswa selama satu tahun anggaran,” katanya.
Menurut dia, komponen yang dibiayai itu meliputi uang SPP, living cost (biaya hidup, asrama/kos), uang buku/komputer/bahan copy, dan uang transport kedatangan. Dengan biaya yang total gratis untuk mahasiswa yang menempuh studi itu, kata Prof Ridlo, diharapkan mahasiswa akan semakin terpacu semangatnya untuk menjadi yang terbaik. “Untuk itu, seleksi kami ketat. Kami akan mengutamakan yang berkemampuan bahasa Arab dan Inggris. Bahkan, untuk usia pun kami membatasi mereka yang maksimal berumur 25 tahun,” ujarnya.
Program baru ini direncanakan hanya dibuka satu kelas saja dan akan dilakukan evaluasi selama program ini berlangsung. Dengan adanya full cost (biaya penuh) itu, maka mahasiswa diharapkan benar-benar mengkonsetrasikan diri mendalami mata kuliah di prodi KPI jurusan Dakwah STAIN. “Dan, beasiswa tersebut akan dihentikan jika terdapat penyimpangan atau pelanggaran dalam penggunaannya,” ujarnya.
Menurut Ketua Jurusan Dakwah STAIN Jember Drs Ahmad Mutohar, MM, program baru ini sangat menarik untuk kalangan mahasiswa yang ingin menekuni ilmu jurnalistik. Sebab, program dari Dirjen Pendidikan Islam Depag RI tersebut baru digelar tahun ini dengan jumlah yang masih terbatas. “Kalau seluruh biaya ditanggung, kan calon mahasiswa tinggal kuliah dan bersemangat untuk lulus dengan predikat terbaik,” katanya.
Sementara itu, Sekretaris Jurusan Dakwah STAIN Jember Dr Ahidul Asror mengungkapkan, masih ada kesempatan bagi mahasiswa yang mau mendaftar. Sebab, pihaknya akan menutup pendaftaran ini pada 2 Oktober mendatang. “Untuk seleksinya akan digelar 5 Oktober melalui dua seleksi. Pertama seleksi berkas, dan kedua tes kemampuan bahasa, psikologi, dan kemampuan dasar agama Islam,” ujarnya. (kun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar